Tips Mudah Hemat BBM

4:45 PM



Sudah banyak  cara untuk menghemat BBM. Kali ini akan diberikan beberapa tips yang mudah-mudahan dapat membantu mengurangi konsumsi BBM pada kendaraan anda, khususnya mobil, berikut tipsnya;

  1. Matikan AC 
  2. Jika AC menyala maka putaran mesin akan meningkat, tentu membuat bensin mengalir lebih banyak. Pergunakanlah AC seperlunya saja.
  3. Kurangi isi bagasi 
  4. Berat kendaraan juga mempengaruhi seberapa dalam kita menginjak pedal gas. Semakin berat, maka diperlukan tenaga mesin yang lebih besar untuk menggerakkan kendaraan.
  5. Tune up mesin 
  6. Kondisi mesin yang prima akan memperlancar konsumsi bahan bakar dan akselerasi. Sehingga kita tidak perlu menginjak pedal gas untuk aklerasi dalam-dalam.
  7. Atur tekanan udara yang pas pada ban
  8. Ban yang mengalami kekurangan angin menyebabkan mobil lebih berat untuk bergerak. Namum jangan pula memberi tekanan udara yang terlalu tinggi, karena akan memudahkan ban tersebut rusak dan mengurangi daya cengkram mobil terhadap aspal ketika terjadi proses pengereman.
  9. Gunakan bakar beroktan tinggi
  10. Pemerintah saat ini sedang gencar-gencarnya menggalakkan penggunaan hemat bahan bakar melalui langkah penyesuaian umur mesin mobil atau kendaraan anda dengan bahan bakarnya. Untuk menghemat BBM gunakan bensin beroktan tinggi, karna oktan tinggi akan memudahkan mesin mobil anda memprosesnya lebih cepat kedapur pacu penggeraknya dan selalu menjaga kondisi mesin anda bersih. Tidak dipungkiri hal inilah yang paling efektif untuk hemat BBM, memang harganya mahal, namun dibalik kualitas ada harga yang pantas untuk dibayar.


Semoga bermanfaat.

You Might Also Like

0 comments

yuk.. tinggalkan komentar kamu disini.,

Popular Posts

Like us on Facebook

Flickr Images

Instagram

Subscribe