Bikini, Tutup Aurat Setengah Hati

11:54 PM



Bikini. Membayangkan wanita mengenakan pakaian minim itu kadang membuat fantasi pria berkelana liar. Menurut kamus Merriam-Webster, bikini adalah dua potong pakaian khusus renang wanita. Seiring perubahan zaman dibuat juga bikini khusus pria, biasa disebut Mankini.

Dikutip dari situs www.wikipedia.org, cikal bakal bikini berawal dari masa Kerajaan Romawi. Sebuah lantai mosaik menggambarkan beberapa perempuan mengenakan pakaian mirip bikini ditemukan di Villa Romana del Cassale, Sisilia, Italia. Diperkirakan gambar itu berasal dari masa Diocletian sekitar abad kedua hingga ketiga masehi. Masih di Negeri Pizza, tepatnya di Kota Pompeii, ditemukan patung Dewi Romawi, Venus, mengenakan pakaian diyakini mirip bikini.

Seiring waktu berjalan beberapa perancang baju mulai membuat pakaian khusus renang. Pada 1907, perenang Australia, Annette Kellerman, mulai menggunakan pakaian renang ketat satu potong utuh. Tetapi sayangnya dia sempat ditangkap lantaran mengenakan pakaian itu. Tiga tahun kemudian kostum itu mulai diterima masyarakat dan mulai dipakai pada ajang Olimpiade 1913 berkat ubahan perancang Carl Jentzen yang membuat pakaian yang tadinya utuh dipotong menjadi dua, tapi tetap menggunakan lengan pendek. Tetapi jangan dikira desainnya mirip dengan saat ini.

Sejak diperkenalkan di pesta olahraga sejagat, kepopuleran bikini mulai merambah bisnis hiburan. Tercatat artis Hollywood, Esther Williams, menggunakan bikini model lama dalam film berjudul Neptune's Daughter. Saat itu bahan karet latex dan nylon juga mulai dipakai membuat bikini. Tidak ketinggalan pesohor macam Ava Gardner, Rita Hayworth, dan Lana Turner pun latah mengenakan pakaian minim itu.

Namun bikini modern yang sama modelnya sampai hari ini dibuat pertama kali oleh ahli mesin Louis Reard dan perancang baju Jacques Heim di Ibu Kota Paris, Prancis, 66 tahun lalu.

Reard adalah mekanik mobil tapi terpaksa alih profesi mengurusi butik milik ibunya. Saat itulah dia bertemu dengan Heim yang sedang mencoba membuat rancangan baru baju khusus renang perempuan. Keduanya pun berkenalan dan akhirnya memutuskan bekerjasama. Setelah selesai merancang, mereka pun memproduksinya, tapi dalam jumlah terbatas.

Setelah selesai dibuat, mereka menjual baju renang itu dengan merek Atome, dengan slogan iklan 'baju renang terkecil di dunia'. Tetapi Reard merasa kurang sreg dengan penamaan itu. Dia lalu mengubahnya menjadi Bikini, terinspirasi dari Kepulauan Bikini di Samudera Pasifik tempat Amerika menguji coba bom nuklirnya.

Lantaran tidak sanggup membayar model ternama buat iklan, Reard memutuskan menyewa Micheline Bernardini, penari telanjang di Casino de Paris saat itu masih berumur 19 tahun. Bikini itu pertama kali diperkenalkan kepada publik pada 5 Juli 1946 di kolam renang umum Piscine Molitor, Paris. Itulah yang menjadi cikal bakal pakaian minim nan seksi itu sampai sekarang. Saat itu total luas kostum renang itu hanya 194 centimeter persegi.

Sejak itu popularitas bikini melejit di Barat. Modifikasi pun dilakukan sehingga jenisnya bermacam-macam. Ada yang dibuat dengan model diikat tali, bikini khusus tidur, dan buat keperluan olahraga.

Namun tidak semua pihak setuju perempuan mengenakan bikini. Di negara mayoritas muslim, perempuan mengenakan bikini mengundang bayak kecaman. Apalagi saat mengetahui beberapa perempuan mewakili negaranya dalam kontes kecantikan sejagat, Miss Universe, pada salah satu tahapannya harus mengenakan bikini. Para ulama menganggap haram hukumnya wanita mengumbar aurat walau hanya selembar rambut terurai, apalagi harus mengenakan bikini yang nyata tidak menutupi seluruh tubuh.

Selain faktor pertentangan budaya dan agama, ternyata pengguna bikini rentan terhadap kanker kulit. Hal itu terjadi lantaran bagian kulit yang terpapar sinar matahari terus menerus terlalu banyak karena bikini hanya menutup sebagian kecil tubuh perempuan. (Agayabak/wikipedia/merdeka)

You Might Also Like

0 comments

yuk.. tinggalkan komentar kamu disini.,

Popular Posts

Like us on Facebook

Flickr Images

Instagram

Subscribe