Inikah Yang Menyebabkan Matahari Sangat Panas?

11:49 PM



Pernah mengetahui bahwa api yang sangat panas adalah api yang berwarna biru bukan merah? Menurut Wikipedia.org dan beberapa situs lain menjelaskan bahwa ternyata warna biru yang terlihat oleh mata kita hanyalah fatamorgana saja.

Sesungguhnya, di dalam api tidak pernah ada warna biru, melainkan warna putih atau elemen warna paling panas di dalam api. Mengapa muncul warna biru? Hal tersebut dikarenakan mata manusia tidak dapat melihat cahaya UV atau Ultra-Violet, oleh karenanya, yang dapat ditangkap oleh mata manusia hanyalah warna biru yang sebenarnya berwarna putih.

Sebuah penelitian baru yang dilakukan NASA adalah untuk mengetahui seberapa panas pijar dari matahari. Melalui Nasa Solar Dynamics Observatory, para peneliti akhirnya dapat menyimpulkan bahwa ternyata matahari tidaklah berwarna merah menyala, melainkan berwarna campuran antara oranye, coklat, biru tua, dan putih. Sedangkan, warna merah hanyalah warna ilusi yang ditangkap oleh mata manusia dari kejauhan. 

menurut yang dituliskan dalam Dailymail.co.uk, bintang berpijar tersebut memiliki suhu sekitar 600.000 centigrade atau celcius dan memiliki gelombang rentang cahaya Ultra-Violet sepanjang 171 Angstrom.

Dikarenakan daya magnetik dari matahari sangat besar, maka radiasi yang ditimbulkan juga besar. Hal tersebut terus mengancam seluruh kehidupan di bumi, ketika matahari mulai 'beraktifitas' dengan memunculkan erupsi mataharinya. (Agayabak/dailymail)

You Might Also Like

0 comments

yuk.. tinggalkan komentar kamu disini.,

Popular Posts

Like us on Facebook

Flickr Images

Instagram

Subscribe