3 Hal Untuk Mempertajam Ingatan Anda

4:07 PM


Mengunyah permen karet sudah terbukti tak bisa mempertajam ingatan Anda. Seperti halnya ketukan atau gerakan kaki, perilaku yang dilakukan berulang-ulang saat mengunyah permen karet malah akan membuyarkan konsentrasi Anda dan membuat Anda susah mengingat. Namun, jangan khawatir, karena para ahli dari Men's Health menawarkan Anda beberapa cara di bawah ini untuk mempertajam ingatan.

1. Memperhatikan dan fokus
Berdasarkan ahli mental Men's Health, Marc Salem, hanya dibutuhkan delapan detik untuk fokus dan memasukkan informasi pada ingatan Anda. Jadi, pastikan Anda benar-benar memperhatikan dan fokus pada waktu tersebut. Jangan membagi perhatian anda dengan hal lain saat Anda diharapkan dapat mengingat sesuatu. Misalkan berkenalan dengan seseorang sambil mengirim pesan, atau lainnya. Salem mengatakan bahwa jika konsentrasi Anda mudah pecah, maka sebaiknya Anda pergi ke tempat yang aman di mana Anda tidak akan diganggu.

2. Membuat bayangan visual
Gary Small MD, penulis buku The Memory Bible, mengatakan bahwa otak Anda memiliki kemampuan untuk mengingat hal-hal secara visual. Misalkan ketika Anda berkenalan dengan seseorang, Anda cenderung lebih mengingat pakaian, bentuk wajah dan tubuh, atau suasana tempat saat anda bertemu dengannya. Anda bisa menggunakan potongan-potongan informasi ini untuk membantu mengingat.

3. Bercerita
Bercerita akan membuat Anda mengingat sesuatu. Misalkan saat Anda berusaha mengingat sebuah peristiwa. Dengan menceritakan kisah tersebut, Anda akan semakin mengingat detail dari peristiwa yang Anda ceritakan. Ini juga bisa dilakukan dengan hal-hal lain, tak harus peristiwa.

Itulah tiga cara yang disarankan para ahli untuk mempertajam ingatan Anda. Tiga cara di atas akan membantu Anda mengingat banyak hal. Coba dan buktikan sendiri! (Agayabak/Health)

You Might Also Like

0 comments

yuk.. tinggalkan komentar kamu disini.,

Popular Posts

Like us on Facebook

Flickr Images

Instagram

Subscribe