5 Tips Nyaman Berkendara Dalam Kota Selama Ramadhan

9:58 PM


Anda yang tinggal di kota-kota besar nan padat lalin perlu tahu tip bepergian saat Ramadan. Umumnya lokasi dan jam sibuk (macet) pada bulan suci umat Islam tersebut agak bergeser dari biasanya. Bagaimana cara menyiasatinya? Simak tip-tip berikut.


1. Hindari Macet Senja
Selama berpuasa sebagian (atau bisa jadi kebanyakan) umat Islam ingin berbuka di rumah atau ada acara buka bersama. Karena itu, kondisi jalan biasanya akan penuh sesak menjelang saat berbuka. 

Bagi yang pulang kerja sore menjelang Magrib dan ingin lancar sebaiknya menunda dulu rencana bepergian atau pulang lebih awal sebelum jam 5 sore. Kalau Anda muslim dan tidak berencana buka di rumah, sebaiknya anda tunggu dulu bedug Magrib, berbuka seadanya (minum air) lalu salat, baru setelah itu bergegas pulang. Kondisi jalan raya ketika bedug sudah bergema biasanya sangat sepi, super lancar.

2. Macet Tengah Malam
Selama bulan puasa belakangan ini ada tren untuk melakukan safari malam hari. Ada yang sekadar menghabiskan waktu jalan-jalan, tapi ada juga yang melakukan kegiatan sosial seperti membagikan makanan buat para gelandangan, misalnya. Oleh sebab itu, bila Anda ingin keluar lewat tengah malam, cobalah hindari lokasi-lokasi yang biasanya dihuni banyak pengemis, gelandangan, dsb. 

Acara safari malam biasanya dilakukan oleh komunitas atau sekelompok orang, sehingga sangat mungkin menyebabkan kemacetan.

3. Macet Mudik
Kalau yang ini sepertinya semua orang sudah tahu. Menjelang Hari Raya Idul Fitri di kota-kota besar umumnya terjadi migrasi massal dadakan, saatnya pulkam, mudik lebaran. Maka dari itu, beberapa hari menjelang hari H, hindarilah jalan-jalan yang mengarah ke luar kota atau provinsi. Juga jalur-jalur ke stasiun bus, kereta api, bandar udara, dan terminal angkutan jarak jauh lainnya.

4. Macet Lebaran
Ada tradisi untuk mendatangi makam orang-orang terkasih di hari pertama lebaran. Umumnya hal itu dilakukan pagi hari usai Salat Id. Selain ke pemakaman, umat muslim juga akan mengunjungi sanak-saudara, tetangga, atau teman di hari lebaran. Walau di kota besar sebagian warga mungkin sudah mudik dan mestinya jalan kosong, tetapi di titik-titik tertentu bisa terjadi kemacetan juga.

5. Macet Arus Balik
Untuk yang satu ini sepertinya sudah tidak perlu dijelaskan lagi. Jalan-jalan lintas provisi biasanya akan dipadati kendaraan-kendaraan beberapa hari setelah lebaran. Pola yang umum terjadi adalah pada akhir pekan karena orang mengejar hari kerja atau sekolah pertama selesai lebaran, Senin pagi. (agayabak/seadanyadeh)

You Might Also Like

0 comments

yuk.. tinggalkan komentar kamu disini.,

Popular Posts

Like us on Facebook

Flickr Images

Instagram

Subscribe