6 Tips Mudah Mencegah Sakit Punggung

3:18 PM



Sakit atau nyeri pada punggung bisa disebabkan oleh berbagai macam hal. Namun daripada mengobati sakit punggung yang terlanjur menyerang, ada baiknya jika Anda mampu mencegah dan menghindari hal-hal yang bisa memicu nyeri pada punggung. 

Coba simak beberapa tips mudah untuk mencegah sakit punggung seperti yang dilansir dari Health di bawah ini.

1. Posisi duduk
Jeffrey Goldstein, seorang direktur bagian layanan tulang belakang dari New York University Langone Medical Center, menyarankan Anda untuk duduk dengan posisi menyerupai huruf S, bukan C. Selain itu, setiap satu setengah jam, Anda sebaiknya berdiri dan berjalan beberapa detik untuk mengistirahatkan punggung.

2. Bentuk tubuh
Cobalah untuk membayangkan sebuah garis lurus yang sejajar dengan telinga, bahu, pinggul, dan lutut. Seorang ahli terapis, Rene Garrison, menyarankan agar bagian tubuh Anda tersebut tetap sejajar ketika berdiri, dengan demikian sakit punggung tidak akan datang menghampiri.

3. Alas kaki
Jika memakai alas kaki, baik itu sandal maupun sepatu, maka sebaiknya pilih bahan yang lembut. Dokter ortopedi dari Medical College of Wisconsin, Raj Rao, menyebutkan bahwa dengan memakai alas kaki yang memiliki bantalan atau berbahan lembut, maka tulang belakang akan meminimalisir guncangan apabila kaki menginjak sesuatu yang keras.

4. Berhenti merokok
Sebuah penelitian kepada 40 orang di Wisconsin, Amerika Serikat, di tahun 2010 menemukan bahwa perokok lebih berisiko mengalami sakit punggung daripada mereka yang tidak. Hal tersebut disebabkan karena ketika merokok aliran darah ke tulang belakang akan berkurang, sehingga seseorang akan mudah terserang nyeri pada punggungnya.

5. Mengangkat barang
Mengangkat barang yang ringan memang mudah untuk dilakukan, namun apa yang terjadi jika Anda harus mengangkat beban yang berat? Hal yang paling penting adalah jangan memaksakan diri untuk mengangkat benda berat tersebut, karena Anda bisa menyakiti punggung. Anda bisa mendorong benda berat itu atau minta tolong kepada orang lain yang lebih mampu mengangkatnya.

6. Ukuran bantal
Jessica Shellock, ahli ortopedi dari Texas Back Institute, menyarankan agar Anda memakai bantal yang tidak terlalu tebal ketika tidur. Memakai dua bantal atau lebih membuat otot menjadi tegang dan mengakibatkan sakit punggung.

Kebiasaan-kebiasaan kecil di atas bisa Anda biasakan mulai sekarang untuk mencegah sakit punggung. Jika tahu caranya, mencegah nyeri pada punggung cukup mudah bukan? (Agayabak/Health)

You Might Also Like

0 comments

yuk.. tinggalkan komentar kamu disini.,

Popular Posts

Like us on Facebook

Flickr Images

Instagram

Subscribe