Awas, Olahraga Lebih Dari 60 Menit Membuat Anda Sakit

3:54 PM


Jika Anda adalah atlet atau orang yang sering melakukan olahraga berat, sebaiknya jangan lakukan olahraga yang terlalu berlebihan. Karena berdasarkan penelitian terbaru, alih-alih membuat Anda sehat, olahraga yang berlebihan malah akan membuat Anda sakit.

Chip Lavie, seorang kardiolog yang dulunya adalah pelari maraton menemukan bahwa pelari yang melakukan olahraga dengan lari sejauh 15 mil setiap minggunya memiliki usia yang lebih panjang jika dibandingkan dengan pelari yang berolahraga dengan jarak yang lebih jauh.

"Jika ditanya sejauh apa olahraga yang berlebihan, maka akan sulit menentukan angka pastinya," kata Lavie, seperti dilansir oleh NY Daily News. "Ada banyak variasi jika Anda melihat dari aspek usia, kemampuan, tingkat kegiatan, intensitas, sejarah kesehatan, dan genetik."

"Kita tak bisa menetapkan titik yang sama untuk semua orang. Bisa saja 10 mil setiap minggu, atau 15, atau 25. Bagi beberapa orang, berlari setengah maraton bisa jadi lebih berat dibandingkan maraton bagi orang lain. Ini akan berbeda-beda bagi banyak orang, namun jika Anda berolahraga dengan keras selama tiga hingga lima jam, kemungkinan Anda akan merasakan efek buruknya."

"Manfaat berolahraga hampir sama dengan obat," tambah peneliti James O'Keefe, MD. "Seperti obat, terdapat ketentuan dosis jika Anda ingin mengonsumsinya. Obat yang cukup bisa menyembuhkan, namun menggunakan obat dengan berlebihan bisa membahayakan kesehatan."

Nasehat terbaik dari O'Keefe adalah: "Data terakhir yang kami dapatkan dari penelitian dan sangat kami sarankan adalah berolahraga selama 30 - 60 menit sehari." (Agayabak/Dailynews)

You Might Also Like

0 comments

yuk.. tinggalkan komentar kamu disini.,

Popular Posts

Like us on Facebook

Flickr Images

Instagram

Subscribe