Truk Masa Depan, Volvo 2020 Autopilot

10:49 AM



Konsep truk Volvo masa depan dengan autopilot dan jalur khusus, “koridor hijau” yaitu  angkutan jarak jauh masa depan dalam rangkaian atau konvoi panjang truk (bisa juga bus) yang meluncur pada kecepatan konstan dan dikontrol oleh autopilot atau komputer induk. 


Truk-truk tersebut terus meluncur nonstop dengan bagian depan (hidung) dan buntut saling berdempetan.

Hebatnya lagi, konvoi truk tersebut, berada pada pada jalur khusus, yang disebut koridor hijau, mirip dengan busway, Trans-Jakarta di ibu kota. Bedanya, Trans-Jakarta harus disupiri terus, tapi bus koridor hijau ini, bisa melaju dan berbelok sendiri.

(Video: Truk Masa Depan, Volvo 2020 Autopilot)

Konsep truk dan transportasi masa depan jarak jauh tersebut digagas dan dituangkan oleh Rikard Odel, Direktur Desain Volvo Truck Corporation dan dipublikasi kemarin melalui website-nya seperti dilansir Carsguide

Lebih Cepat
Selain konsep transportasinya, Rikard Orell juga menuangkan bentuk dan teknologi truk yang diberi nama Volvo Concept Truck 2020. Dijelaskan, realisasi truk dengan fasilitas autopilot, progresnya berjalan lebih cepat dari perhitungannya semula.

“Paling tidak, 10 tahun ke depan sudah bisa diterapkan,” jelasnya. Ia pun mengatakan, penampilan truk masa depan tersebut sangat berbeda dibanding dengan truk terkini.

Bagi kita di Indonesia, seandainya proyek jalan tol trans-Jawa selesai, gagasan Rikard Odell tersebut bisa dipertimbangan sebagai moda transportasi di masa yang akan datang. Apalagi, kalau nantinya, proyek jembatan selat Sunda jadi kenyataan. Mantap! Bisa mengurangi kemacetan karena truk yang betrjalan lambat!

Rikard yakin, gagasannya bisa diujudkan secepatnya karena teknologi yang akan dicangkokkan pada Volvo Concept Truck 2020, banyak yang telah digunakan saat ini. “Hanya beberapa teknologi yang masih dalam pengembangan,” imbuhnya.

Transportasi Komersial 
Dengan konsep tersebut, transportasi komersial, baik truk maupun bus jarak jauh akan menjadi lebih aman dan efisien. Daya tarik lainnya, truk atau bus yang melaju dalam formasi konvoi seperti kereta api, melaju pada kecepatan rata-rata 90 km/jam, tidak memerlukan rel. 

Di samping juga juga tidak perlu menggunakan penghubung khusus antar-truk. Untuk, direncanakan menggunakan sistem nirkabel.

Dijelaskan pula, dengan metode ini, tingkat keselamatan lalulintas truk semakin baik. Lahan yang disita truk menjadi lebih kecil. Begitu juga dengan penggunaan jalan.

Tak kalah menarik, konsumsi bahan bakar dan emisi CO2 jadi rendah. Pasalnya, hambatan yang dialami truk yang berada di belakang berkurang karena meluncur dengan formasi “slipstream”. Dengan autopilot, supir bisa beristirahat di belakang setir.

Layar Sentuh
Tak kalah menarik, konsep lain adalah ruang pengemudi yang lega dengan penampilan futuristik.

“Kami mengantikan dashboard tradisional dengan panel tipis. Informasi bisa disesuaikan dengan kebutuhan supir. Panel konntrol dioperasikan seperti seperti iPhone karena menggunakan layar sentuh. Ruangnya jadi kabin lebih irit,” lanjut Rikard Odell.

Penghematan ruang di kabin dilakukan pula dengan membuat jok supir yang ramping dan tipis. Sandarannya dilengkapi dengan anyaman berventilasi, mirip seperti kursi di kantor moderen. Tambahan lain, di belakang jok supir dipasang sofa futon yang dapat dijulurkan menjadi tempat tidur.

Pelindung Aerodinamis
Penampilan truk massa depan ini sangat berbeda dibandingkan dengan yang sekarang. Eksteriornya ramping dengan bidang muka yang kecil. Lampu depan, tipe LED dan sein disatukan. Tak ada lagi kaca spion besar dan sudah diganti dengan kamera. Gambarnya langsung ditayangkan di kaca depan.

Terakhir dijelaskan, di depan, bagian bawah truk ini, dibuat tonjolan yang mencuat sekitar setengah meter ke depan dari bodi utama. “Ini pelindung bila tabrakan dengan bentuk aerodinamis,” ujarnya. Karena itu pula, tidak dihitung sebagai panjang maksimal truk! Ah… ada-ada saja! (Agayabak/abdi/carsguide)

You Might Also Like

0 comments

yuk.. tinggalkan komentar kamu disini.,

Popular Posts

Like us on Facebook

Flickr Images

Instagram

Subscribe