Misteri Angka 13 ( TigaBelas )

3:45 PM


Bahkan bangsa barat sekalipun yang terkenal modern dan rasional tidak lepas dari hal-hal yang berbau mitos. Salah satunya adalah kecenderungan untuk paranoid terhadap hal-hal yang berbau angka 13, atau sering disebut triskadekaphobia.

Saking berpengaruhnya angka 13 tersebut bahkan sudah demikian berpengaruh dalam kehidupan sehari-hari. Menurut penelitian dari Dr Donald Dossey, seorang psikoterapi khusus dalam bidang “phobia” di Amerika saja lebih dari 21 juta orang yang mengidap penyakit “paraskevidekatriaphobia” atau rasa takut akan hari Jumat tanggal 13.

Dan menurut laporan dari “The Stress Management Center and Phobia Institute” di Asheville - AS, tenyata setiap hari Jumat yang bertepatan dengan tanggal 13, ekonomi Amerika mengalami kerugian antara 800 - 900 juta USD, karena banyak orang yang enggan berpergian, bekerja ataupun melakukan kegiatan bisnis apapun juga. Wah!

Demikian juga banyak hotel-hotel yang tidak menyediakan kamar dengan nomor 13, serta gedung-gedung bertingkat yang tidak menyebutkan lantai ke-13. Bangsa Turki bahkan menghilangkan kata untuk angka 13 ini dari kamus. Bangsa Ibrani Kuno menganggap 13 sebagai angka sial sebab dalam alpabet mereka huruf ke 13 adalah huruf M, yang berarti ‘mavet’ alias kematian. Lotere di Itali, Perancis tidak ada nomer 13 nya. Begitu juga tidak ada nama jalan di Amerika yang menggunakan 13th Street atau 13th Avenue.

Dan tidak hanya itu saja, ketakutan akan angka 13 agaknya juga berlaku pada perusahaan software terbesar di dunia, Microsoft. Ini dapat terlihat dari edisi produk mereka, setelah Microsoft Office 12 yang berikutnya bukanlah Microsoft Office 13 melainkan Microsoft Office 2007.

Presiden Franklin D. Rosevelt tidak pernah berpergian pada tanggal 13 dan tidak pernah menerima tamu sejumlah 13 orang. Kemudian Last Supper pun konon dihadiri oleh 13 orang, dengan Judas adalah orang yang pertama berdiri dan yang pertama wafat pula. Ksatria Templar ditangkap dan dieksekusi pada tanggal 13 Oktober 1307. Dan yang paling seram adalah nama-nama penjahat berikut ternyata terdiri dari 13 huruf, mereka adalah: Jack the Ripper, Charles Manson, Jeffrey Dahmer, Theodore Bundy ataupun Albert de Salvo.(Agayabak/AssociatedContent/about/wikipedia/Dailymail).

You Might Also Like

0 comments

yuk.. tinggalkan komentar kamu disini.,

Popular Posts

Like us on Facebook

Flickr Images

Instagram

Subscribe