Korek Api Pertama di Temukan Ilmuwan

4:36 PM


Profesor Naama Goren Inbar dari The Hebrew University of Jerusalem, saat berkunjung ke sebuah museum di kota Jerusalem ia mengamati sebuah struktur arkeologi Sha’ar HaGolan pada sejumlah alat yang digunakan untuk tujuan kultural. 

Ia tertarik pada perangkat berbentuk silinder yang sudah dikenal beberapa waktu sebelumnya. Berbeda dengan pendapat sebelumnya yang menyatakan bahwa benda itu adalah symbol pria, Inbar setelah meneliti menyatakan bahwa benda tersebut adalah korek api. 

“Saya melihat benda itu dan langsung terpikir bahwa benda itu sangat sangat mirip dengan tongkat-tongkat yang digunakan saat menyalakan api. Saya menghubungkannya dan pelan-pelan berkembang,” jelasnya, demikian dikutip dari baptiststoday.

Dengan menggunakan teknik elektro-mikroskopi, ia dan rekan-rekannya mengidentifikasi indikator tanda yang mungkin dimiliki objek berbentuk silinder tersebut. Benda itu diputar dengan kecepatan tinggi,untuk melihat kemungkinan menghasilkan gesekan untuk menyalakan sumbu. 

Mereka menemukan tanda-tanda linear atau goresan pada ujung silinder yang berbentuk kerucut. Mereka menginterpretasikan tanda itu diperoleh ketika "korek" diputar dalam rongga yang ada di papan untuk menyalakan api. 

Peneliti juga menemukan warna terbakar yang ada pada bekas hangus dan alur-alur yang jelas pada bagian atas benda itu. Inbar dan kawan-kawan menduga alur itu berasal dari busur yang digunakan untuk memutar silinder itu. Bukti itu didukung oleh kebudayaan jaman Neolitik dan pengetahuan tradisional tentang teknik menyalakan api (Agayabak/baptiststoday).

You Might Also Like

0 comments

yuk.. tinggalkan komentar kamu disini.,

Popular Posts

Like us on Facebook

Flickr Images

Instagram

Subscribe