Misteri Uang Dollar Amerika

4:04 PM


Kapankah uang kertas pertama kali dicetak di Amerika Serikat? Amerika pertama kali merilis mata uang dalam bentuk kertas pada tahun 1862 untuk sebagai akibat adanya kekurangan koin serta untuk membiayai Civil War. Timbulnya kekurangan uang diakibatkan banyaknya masyarakat yang menimbun koin mereka, serta akibat ketidakpastian yang disebabkan oleh perang telah membuat nilai barang berfluktuasi secara drastis. Karena koin terbuat dari emas dan perak nilai mereka tidak banyak berubah, sehingga orang cenderung ingin menyimpannya sehingga mulai menghilang dari peredaran. Uang kertas pertama yang dicetak dalam denominasi 1 sen, 5 sen, 25 sen, dan 50 sen. 

Tapi ternyata uang kertas dollar Amerika tidak banyak memasang wajah wanita. Satu-satunya wajah wanita yang terpampang di uang kertas AS adalah Martha Washington. First Lady pertama AS ni muncul di Sertifikat Perak $ 1 dari 1886 dan 1891, dan bagian belakang Sertifikat Perak $1 1896.

Sekitar 42% dari uang dollar AS yang diproduksi hingga saat ini adalah bernilai 1 dollar. Dollar pertama bergambar Salmon P. Chase, yaitu sekretaris Departemen Keuangan AS pada masa pemerintahan Abraham Lincoln. Dari tahun 1963 hingga sekarang wajah-wajah yang menghiasi uang $ 1 adalah: Martha Washington, George Washington, Christopher Columbus, Abraham Lincoln, and Ulysses S. Grant

Di balik segel pada uang dollar terdapat gambar piramida dengan tulisan angka Romawi 1776 pada dasarnya. Piramida tersebut menggambarkan keteguhan dan kekuatan, sementara gambar piramida yang belum selesai menggambarkan masa depan Amerika Serikat dan tujuan kesempurnaan. Mata yang berada di atas piramida menggambarkan mata dewa yang sedang mengawasi. 

Walau banyak yang menyebut bahwa 13 adalah angka sial, namun angka 13 (melambangkan jumlah koloni) terdapat pada uang $1. Jumlah huruf/digits pada angka 1776 (4) dan huruf Romawi MDCCLXXVI (9) sehingga bila dijumlahkan adalah 13. Selain itu dollar memiliki 13 bintang di atas elang, terdapat 13 tangga pada piramida, 13 huruf pada tulisan Latin ANNUIT COEPTIS juga E PLURIBUS UNUM. Ada 13 garis vertical pada perisai dan 13 garis horizontal, ada 13 daun pada cabang zaitun, 13 buah pada cabang zaitun dan uang dollar juga memiliki 13 anak panah dan 13 topi.

Mata uang koin biasanya terbuat dari tembaga dan unsur lain seperti seng atau nikel. Pada mata uang kertas terdiri dari 25 persen serat linen dan 75 persen cotton. Sebelum Perang Dunia I bahkan terbuat dari terbuat dari serat sutra.

Pada uang $ 100 terdapat gambar jam dari menara Independence Hall di Philadelphia. Jika dilihat dengan kaca pembesar akan menunjukkan waktu 4:10. Sayang sekali tidak ada alasan yang khusus mengapa waktu itu yang dipilih. (Agayabak/factmonster)

You Might Also Like

0 comments

yuk.. tinggalkan komentar kamu disini.,

Popular Posts

Like us on Facebook

Flickr Images

Instagram

Subscribe