Ciptakan ALat Untuk Bantu Petani, Lutfi Jadi Juara Sains Dunia

2:14 PM


Penggunaan pupuk yang tidak optimal berdampak pada hasil padi yang kurang berkualitas. Berangkat dari masalah ini seorang siswa kelas 2 SMAN 1 Bogor, Muhammad Luthfi Nurfakhri, tergerak untuk menciptakan sebuah alat yang secara konseptual merevolusi metode Bagan Warna Daun (BWD) yang lazim digunakan oleh petani. Alat tersebut diberi nama Digital Leaf Colour Chart (DLCC/Bagan Warna Daun Digital).


Alat yang dikembangkannya ini menggunakan fototransistor yang bisa mendeteksi warna daun padi. Cara kerjanya, hanya dengan menempelkan alat sensor seperti barcode ke daun padi, maka akan tampil pada layar DLCC tampilan keperluan ukuran pupuk yang harus disebarkan dalam hitungan kilogram per hektar.

Alat ini tak hanya bermanfaat bagi petani, namun berhasil menyabet juara tiga pada kompetisi International Science and Engineering Fair (ISEF). Acara yang dihelat produsen chip Intel ini berlangsung 14-18 Mei 2012 lalu di Pittsburgh, Pennsylvania, Amerika Serikat. Nama Luthfi terpilih di urutan tiga besar dari 1.549 finalis yang berasal dari 70 negara. Didukung LIPI, kini remaja kelahiran 6 Oktober 1995 ini sedang menantikan hak paten DLCC rampung, sehingga bisa diproduksi dalam jumlah besar untuk keperluan para petani di Tanah Air dan dijual ke luar negeri. (Agayabak/Detik)

You Might Also Like

0 comments

yuk.. tinggalkan komentar kamu disini.,

Popular Posts

Like us on Facebook

Flickr Images

Instagram

Subscribe