Asiknya Bermain Monopoly

8:55 AM


Bermain Monopoly: English, Monopoli: Indonesia adalah hal yang sangat menyenangkan. Membeli tanah, mendirikan rumah dan hotel, serta memiliki tempat-tempat strategis seperti terminal bis, bandara, perusahaan listrik, dll. adalah tujuan dari permainan ini. Pemenangnya tentu saja sang “Tuan Tanah” dari seluruh petak dalam papan Monopoli tersebut. Saya termasuk pemain Monopoli yang agresif loh. Maklum saya dari kecil memang sudah bercita-cita untuk menguasai dunia. Sebelum kita bermain Monopoli tidak ada salahnya kalau kita mengenal sejarah Monopoli tersebut.

Segala umur bermain monopoli - Asiknya Bermain Monopoly - agayabak
Sejarah Monopoli
Sebelum Monopoli sudah ada permainan-permainan yang serupa, di antaranya adalah The Landlord’s Game yang diciptakan oleh Elizabeth Magie untuk mempermudah orang mengerti bagaimana tuan-tuan tanah memperkaya dirinya dan mempermiskin para penyewa. 

Magie memperkenalkan permainan ini di tahun 1904.
logo monopoli - Asiknya Bermain Monopoly - agayabak

The Landlord’s Game – Monopoli Pertama di dunia (1904)

The Landlord’s Game - Asiknya Bermain Monopoly - agayabak
Walaupun permainan ini dipatenkan, tidak ada produsen yang memproduksinya secara luas sampai tahun 1910 oleh The Economic Game Company di New York. 

Di Britania Raya permainan ini diterbitkan pada tahun 1913 oleh The Newbie Game Company di London dengan nama Brer Fox an’ Brer Rabbit.

Selain melalui penjualan, permainan ini juga tersebar dari mulut ke mulut dan variasi-variasi lokal juga mulai berkembang. Salah satunya adalah yang disebut Auction Monopoly atau kemudian disingkat menjadi Monopoly. Permainan ini kemudian dipelajari oleh Charles Darrow dan dipatenkan dan dijual olehnya kepada Parker Brothers sebagai penemuannya sendiri. Parker mulai memproduksi permainan ini secara luas pada tanggal 5 November 1935.
Monopoli pertama yang dikomersialisasikan menjadi sebuah permainan dunia
Untuk lebih jelasnya tentang Monopoli, silahkan lihat di Wikipedia tentang Monopoli 

Dan berikut ini adalah foto-foto Monopoli yang pernah terdapat di Indonesia di tahun 1945 dan era 90an:
Monopoli Kamp-Tjideng (1945)

Monopoli Kreasi Baru (kira2 awal 1990) 


Monopoli Ekslusif (masih di tahun 1990)
Monopoli Dunia Internasional (1995)
Monopoli Kreasi Baru Maknit (1995) 
Monopoli Indonesia Gaya Baru (1996)
Monopoli Intercontinental (1996)
Monopoli Laga Internasional (1997)


Monopoli Indonesia Gaya Baru + Bonus Ular tangga & Halma (1997) 


Monopoli Indonesia Gaya Baru 2 (1998) 

Monopoli Laga Internasional Magnit (1998) 

Monopoli Internasional (1998)

Monopoli Up To Date Hotel (1998) 

Baliopoly -Monopoli Pulau Bali (1999)

Selain itu, ada juga monopoli-monopoli baru yang kini banyak bermunculan, baik itu seri Internasional, Continental, Nasional, maupun Lokal. Monopoli lokal contohnya adalah Monopoli Jogja.
Monopoli Lokal Kota Jogjakarta

Nikita Willy saat launching Monopoly edisi Indonesia 

Dalam Monopoli Online ini kita bisa memilih tempat sesuka hati yang kita mau di belahan dunia manapun!! Itu semua karena teknologi dari Google Maps. Saya juga sedang mencobanya. Tadinya saya mau membeli jalan di sekitar rumah saya, tapi keburu dibeli orang lain, hehe.  


Dan akhirnya saya membeli jalan di depan SMA saya dulu. Dalam Monopoli Online ini pada awalnya kita akan diberikan modal uang sebesar M 3.000.000 (baca tiga juta uang monopoli) untuk membeli jalan, membangun rumah, membangun gedung, menyewa properti pemain lain, dan tentu saja menawar properti pemain lain. Berminat memainkannya?? klik disini untuk bermain monopoly online.


walaupun di beberapa negara Monopoli dilarang beredar dan dimainkan karena dianggap mengajarkan nilai-nilai kapitalisme tapi keasyikannya "mungkin" mengalahkan permainan canggih yang ada sekarang.

You Might Also Like

0 comments

yuk.. tinggalkan komentar kamu disini.,

Popular Posts

Like us on Facebook

Flickr Images

Instagram

Subscribe