Felix Baumgartner: Penerjun Bebas Tertinggi, 28.9 Km

11:17 AM


Penerjun Felix Baumgartner membuat sensasi dengan terjun bebas dari lapisan kedua atmosfer yakni stratosfer, sekitar 28,9 kilometer dari permukaan tanah. Tiga kali lebih tinggi dari lintasan maksimal pesawat jet.

Surat kabar the Daily Mail melaporkan, lelaki berdarah Austria ini mendarat selamat di Roswell, Negara Bagian New Mexico, Amerika Serikat. Kecepatan terjunnya saat itu mencapai 862,6 kilometer per jam.

Ini prestasi membanggakan untuk Baumgartner. Bulan depan dia akan mencoba aksi serupa namun jaraknya lebih jauh lagi yakni 37 kilometer dari bumi. Dia berharap mencapai kecepatan suara dengan tubuhnya. "Bulan depan selalu menjadi mimpi saya. Selangkah lagi," katanya setelah melakukan loncatan.

Pemegang rekor lompat dari atmosfer adalah Joe Kittinger. Dia melompat dari ketinggian 31,3 kilometer pada 1960. Lelaki 84 tahun itu ikut menyaksikan aksi nekat Baumgartner.

Baumgartner dimasukkan ke dalam kapsul berisi balon helium raksasa. Dia mengenakan busana antariksa dilengkapi parasut dan cadangan oksigen. "Di atas sana tidak ada oksigen. Ketika keluar kapsul saya tidak terkontrol dan tidak stabil," ujarnya. Lelaki 43 tahun ini terjun bebas selama 3 menit 48 detik sebelum membuka parasutnya.

Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) memberikan perhatian khusus atas proyek ini. Mereka berencana mensponsori penerjunan Baumgartner bulan depan. Hingga kini, dia telah melakukan 2.500 kali lompatan dari pesawat dan helikopter. (Agayabak/Dailymail)

You Might Also Like

0 comments

yuk.. tinggalkan komentar kamu disini.,

Popular Posts

Like us on Facebook

Flickr Images

Instagram

Subscribe