Agama Terbesar di Dunia dan Kisah Penyebarannya

11:38 AM

Menurut wikipedia.org, agama terbesar di dunia adalah Kristen dimana telah dianut oleh 33% populasi dunia atau sekitar 2 miliar orang.

Setelah Kristen, agama besar lainnya adalah Islam (20%), Hindu (13%), agama rakyat Cina (6,3%), dan Budha (5,9%).

Agama lokal dianut sekitar 4% dari populasi dunia dan atheisme sekitar 14%.

Dari dua milyar orang Kristen, sekitar setengah diwakili oleh Gereja Katolik Roma yang dipimpin oleh Paus, dengan sisanya menjadi anggota Gereja Ortodoks Timur atau berbagai sekte Protestan.

Gereja Kristen mengalami beberapa kali perpecahan sepanjang sejarahnya, dengan yang paling penting adalah Skisma Timur-Barat (tahun 1054) dan Reformasi Protestan (abad 16).

Kristen, yang dimulai sebagai sebuah sekte Yahudi, telah menjadi agama terbesar di dunia selama 1600 tahun.

Pada tanggal 27 Februari 380, Kaisar Theodosius I menjadikan Kristen sebagai agama resmi Kekaisaran Romawi menggantikan keyakinan politeisme.



Sebelum itu, agama terbesar dunia kemungkinan adalah Hindu, sebuah agama yang begitu tua sehingga sejarah awalnya sulit diketahui.

Kristen mengalami kemajuan besar lain pada tahun 980 ketika Vladimir Agung dibaptis dan menyebarkan Kristen di seluruh Rusia.

Kekristenan menerima keuntungan lebih lanjut pada abad 15 dan 16, ketika misionaris, terutama yang berasal dari Spanyol dan Portugis, secara agresif menyebarkan agama ini di seluruh Afrika dan Amerika.

Saat ini, Amerika Selatan menjadi benua dengan pemeluk Kristen paling besar, dengan lebih dari 90% penduduknya mengaku Kristen dan hampir seluruhnya merupakan Katolik Roma.

Dalam beberapa tahun terakhir, Kristen mengalami penurunan yang konsisten di berbagai negara maju seperti Amerika Serikat dan Eropa, sementara mengalami kenaikan di negara berkembang seperti Afrika dan Amerika Selatan.

Penurunan terutama terjadi di negara-negara seperti Denmark dan Swedia, di mana hanya 2% dari populasi secara teratur mengunjungi gereja.

Meskipun Kristen dipeluk oleh sekitar sepertiga populasi dunia, sepanjang abad ke-20 agama ini menghadapi tantangan besar dengan kemunculan komunisme dan skeptisisme.

Sumber:
http://en.wikipedia.org/wiki/List_of_religious_populations
https://en.wikipedia.org/wiki/Major_religious_groups

You Might Also Like

0 comments

yuk.. tinggalkan komentar kamu disini.,

Popular Posts

Like us on Facebook

Flickr Images

Instagram

Subscribe