Hiu Megalodon, Hiu Prasejarah Tertangkap Kamera

Sewaktu searching Youtube dengan keysearch: Top Ten Of The Most Dangerous Sharks in The World, di barisan kanan favorit video youtube juga memperlihatkan seekor ikan hiu dengan kepala terluka berdarah disiram oleh orang-orang dengan slang air sebagai screenshootnya. Lalu saya mencoba mencari referensi yang lainnya melalui google, berikut rangkuman dari saya:



Video: Megalodon di Youtube



Menurut Wikipedia Indonesia, Megalodon (atau Megatooth yang berarti gigi raksasa) merupakan sebuah spesies hiu purba raksasa. Hidup antara 20 sampai 1, 2 juta tahun yang lalu. 

Konon, hiu ini berukuran lebih besar daripada sebuah kapal pesiar. Ukuran dari makhluk ini masih menjadi kontroversi. Meskipun begitu, para ahli sains mengatakan bahwa ukuran hiu ini lebih besar dari Hiu Paus (Rhincodon typus). 

Video: Whale Shark dari National Geographic.

Setelah Whale Shark, ada lagi Basking Shark, hiu terbesar kedua setelah Whale Shark. Berikut adalah gambarnya.


Dari situs Discovery dan National Geographic, menyebutkan bahwa penelitian modern para ahli menyakini bahwa Megalodon memiliki panjang sekitar 15, 25 meter atau 50 kaki (sedangkan Whale Shark 12, 50 meter). Sangat berbeda seperti yang diteorikan oleh para ahli ketika melihat gigi Megalodon untuk pertama kali (80 kaki).  Masih menurut San Diego Natural History Museum, gigi  Megalodon ditemukan di beberapa tempat seperti di Amerika Utara dan Selatan, Eropa, Australia, India, Jepang,  dan Afrika dan  sepertinya memang makhluk ini berada di seluruh belahan Bumi.



Dari gambar diatas, kita bisa melihat perbandingan ukuran Megalodon dengan hiu lainnya. Megalodon digambarkan berwarna abu-abu (panjang maksimum) dan merah, sedangkan ukuran Whale Shark (Hiu Paus) adalah yang violet, dan yang terakhir adalah Hiu Putih Raksasa (Great White Shark) yang digambarkan dengan warna hijau.
Rekonstruksi oleh Bashford Dean pada tahun 1909
Jika kita melihat perbandingan ukuran Megalodon dengan dua jenis hiu yang sudah saya sebutkan diatas (Great White Shark dan Whale Shark), kita akan mendapati bahwa Megalodon digambarkan menyerupai Great White Shark. 
Ukuran gigi Megalodon
Hal itu tidak lepas dari kontroversi yang mengatakan bahwa Great White Shark ada kedekatan dengan Megalodon. Sedangkan yang lainnya menyebutkan bahwa Great White Shark adalah Megalodon tersebut. Karena itu lah Megalodon lebih disebut C. Megalodon. 


Namun, penelitian memunjukkan bahwa C untuk C. Megalodon adalah dari Carcharodon (genus dari Great White Shark) Sehingga akhirnya, diputuskanlah bahwa Carcharodon Megalodon lah yang lebih tepat, karena adanya kesamaan morfologi antara Great White Shark dan Megalodon. 


Jadi, kita sudah tahu alasan mengapa pada diagram perbandingan ukuran tersebut, C. Megalodon terkesan seperti Great White Shark. Selain, itu, ada alasan lagi yang mengatakan bahwa Great White Shark sudah ada sejak dahulu kala. 

Lalu ada lagi video dari jepang yang menampilkan ikan besar lainnya, sepertinya megalodon, Semula, ketika saya melihat video yang menampakkan gambar nomor dua, saya berpikir bahwa itu adalah Megamouth. 


Wah Megamouth!? Apalagi itu?
Jika Megalodon adalah Megatooth (gigi besar) maka ada hiu yang bernama Megamouth. Tapi hiu ini bukanlah hiu yang suka membual (bermulut besar).

Tapi ternyata, kepala hiu di video tersebut sama sekali tidak menyerupai Megamouth. Dan berikut adalah gambar dari Megamouth. (Wikipedia link)




Lalu hiu apakah yang terekam di video dari Jepang tersebut?

Ketika melihat video di youtube, untuk memastikan apakah video itu real atau tidak, Anda bisa memperhatikan komentar-komentar yang merujuk pada video yang sedang Anda lihat. Memang, banyak sekali kata-kata kotor yang keluar dari berbagai orang. Nah, ketika melihat video hiu dari Jepang tersebut, ada komentator yang mengatakan bahwa itu adalah Greenland Shark (Agayabak link). Apakah Greenland Shark itu? Greenland Shark (Sleeper Shark) adalah hiu laut dalam yang hidup di kedalaman 2000 meter. Hiu yang termasuk dalam genus Somniosus tersebut, tersebar di beberapa wilayah. Dan berikut adalah peta persebaran hiu tersebut :



"Tapi kok tidak ada yang menunjukkan bahwa hiu di video tersebut adalah Greenland Shark ya? Karena tidak adanya indikator yang menunjukkan Jepang termasuk dalam penyebaran Greenland Shark!"

Nah, di sinilah letak masalah tersebut!

Ketika melihat video hiu dari Jepang tersebut, judul teksnya bertuliskan huruf Jepang. Seperti inilah huruf-hurufnya : 

深海の巨大サメ オンデンザメ

Saya mencopy judul tersebut, dan menaruhnya pada Google Translate, dan jadilah kata tersebut sebagai berikut:

Inggris : Deep-Sea Shark Ondenzame
Indonesia : Hiu Laut Ondenzame

Ketika saya mencari nama Ondenzame tersebut, saya menemukan web Universal Fish Catalogue yang menyebutkan bahwa Ondenzame adalah nama Jepang untuk sebuah spesies hiu. Lalu hiu apakah yang dimaksud? Jawabanya adalah : PACIFIC SLEEPER SHARK!


Dan memang namanya sudah tertulis di samping tulisan Jepang tersebut dibagian judul. Hiu yang panjangnya mampu mencapai 7 meter ini, adalah hiu yang masih satu famili dengan Greenland Shark (Somniosidae). Ada sebuah video yang saya duga adalah lanjutan dari video hiu dari Jepang tersebut. Dan kita bisa mendengar komentatornya berkata "Ondenzame, Ondenzame" berkali-kali. Klik di  sini untuk melihat video tersebut. Analisa singkat saya tersebut hanya ingin membuktikan bahwa video hiu di Jepang tersebut bukanlah asli Megalodon.

Berikut adalah peta persebaran Ondenzame atau Pasific Sleeper Shark. Dan kali ini, Jepang termasukdalam persebarannya.


Jadi, apakah Megalodon itu benar-benar ada?
Ataukah itu hanyalah sebuah fosil gigi dari hiu Great White Shark?
Jika memang bukan, gigi hiu apakah yang begitu besar hingga nyaris dua meter dan bisa membunuh manusia hanya dengan satu gigi saja?

Ada satu pernyataan yang harus diingat, jika cumi-cumi raksasa sudah ditemukan, dan beberapa kemunculan "monster" danau banyak dilaporkan, maka tidak menutup kemungkinan hewan-hewan berukuran raksasa masih berada di muka Bumi. 

Jauh di kedalaman laut sana, masih tersembunyi makhluk-makhluk yang belum diketahui manusia. (Agayabak/Zooklet/phenomenaaroundus/Wikipedia/NationalGeographic/Dicovery/Google)


0 comments:

yuk.. tinggalkan komentar kamu disini.,

Copyright © 2012 aGayaBak !!!.