Sikat Gigi Efektif dengan Bakteri dari Rumput Laut

9:39 AM



Menyikat gigi dengan pasta gigi memang sudah lazim dan terbukti efektif. Sayangnya, walaupun efektif, masih banyak wilayah di antara gigi yang tidak dapat dijangkau dengan hanya menyikat gigi.

Area di antara gigi ini merupakan tempat bakteri di dalam plak dapat menggerus enamel dan menyebabkan gigi berlubang.

Menurut para ilmuwan, bakteri Bacillus licheniformis yang ditemukan di dalam rumput laut dapat menjadi senjata yang ampuh untuk melawan kerusakan gigi.

Awalnya, para ilmuwan ini sedang melakukan penelitian untuk membersihkan lambung kapal, tetapi ternyata ada lebih banyak lagi penggunaan bakteri ini yang langsung berhubungan dengan kesehatan manusia.

Bakteri yang mampu membuat lambung kapal tetap bersih ternyata memiliki potensi yang lebih besar. Ilmuwan dari Newcastle University mengatakan, enzim tersebut dapat menembus plak pada gigi dan membersihkan area yang sulit dibersihkan.

Tim dari Newcastle University ini yakin bahwa enzim ini sangat potensial dan akan terdapat banyak contoh penggunakan enzim ini di bidang medis. Salah satunya untuk kebersihan gigi.

Mereka kemudian menggunakan enzim yang diisolasi dari bakteri laut Bacillus licheniformis.

Dr Nicholas Jakubovics dari Sekolah Ilmu Gigi Newcastle University mengatakan, "Plak yang menempel di gigi adalah hasil dari bakteri yang bergabung dan berkumpul di area tertentu. Mereka akan menyingkirkan kompetitor potensial lainnya."

Hasil uji coba di laboratorium menunjukkan, enzim ini dapat menembus plak atau lapisan bakteri. Enzim ini juga mampu menembus mekanisme pertahanan dari plak yang ada pada gigi.

Para ilmuwan ingin memasukkan potensi bakteri ini di dalam pasta gigi, obat kumur, atau pembersih mulut lainnya. Selain dapat membersihkan plak, enzim ini juga dapat mencegah pembentukan plak.

Sumber: Kompas

You Might Also Like

0 comments

yuk.. tinggalkan komentar kamu disini.,

Popular Posts

Like us on Facebook

Flickr Images

Instagram

Subscribe