Rahasia Hidup Hingga Seratus Tahun

6:22 PM

Kemajuan dunia kedokteran membuat makin banyak orang di dunia yang hidup sampai 100 tahun atau lebih. Para ahli kini menemukan rahasia hidup sehat bahagia dengan ingatan tetap baik sampai 100 tahun atau lebih.
Berikut hasil temuan para ahli sesudah meneliti ribuan orang yang tetap aktif dan sehat di usia seabad.

BAIK KEPADA DIRI SENDIRI
Kebanyakan dari kita lebih baik kepada orang lain daripada kepada diri sendiri. Tetapi dalam banyak studi ditemukan bahwa kunci penting hidup sehat dan bersemangat adalah baik kepada diri sendiri yang paling utama, walaupun anda cemas mengecewakan orang lain. Seperti penjelasan Michael Roizen, MD dalam buku You: Staying Young dengan menghargai diri sendiri, anda akan mendorong orang lain untuk menghargai anda

Cara melakukannya:
Bersikap tegas. Katakan kepada teman yang terlambat secara kronik, "Saya senang pergi bersama, tapi apakah kita bisa berangkat lebih awal lagi berikutnya?". Orang-orang akan memberikan apa yang anda perlukan jika anda tunjukkan kepada mereka secara baik.

KENDALIKAN STRES
Studi menunjukkan orang-orang yang berusia 100 tahun atau lebih yang paling bahagia selama hidupnya. Mereka juga mempunyai cara yang paling efektif dalam mengatasi stres. Stres bisa menyebabkan segala sesuatu mulai dari penyakit jantung, masalah pencernaan sampai depresi dan dementia.

Cara melakukannya:
Ada dua cara paling efektif dalam meredakan stres yaitu meditasi dan olahraga. Luangkan waktu beberapa detik untuk membayangkan semua kecemasan anda dihanyutkan oleh aliran sungai atau bakar stres anda dengan jalan kaki singkat.

KURANGI DAGING MERAH
Terlalu banyak zat besi ditemukan dalam daging mentah dapat mempercepat proses penuaan dan bahkan Alzheimers. Zat besi membantu memproduksi radikal-radikal bebas yang menyebabkan kerusakan sel-sel DNA dan mempercepat efek penuaan. Selain itu juga dapat menyebabkan tingkat infeksi yang lebih tinggi karena bakteri dan virus memerlukan zat besi untuk berkembang biak.

Cara melakukannya:
Kurangi mengkonsumsi daging merah dan usahakan makan tanpa daging merah atau anda bisa makan daging merah sekali atau duakali dalam seminggu.

HINDARI PENUNDAAN
Orang-orang yang berumur 100 tahun atau lebih menghindari penundaan. Menunda adalah penyedot energi terbesar seperti halnya kurang tidur. Stres yang disebabkan oleh tugas-tugas yang belum terselesaikan akan mengurangi vitalitas. menghambat ingatan dan bahkan memperpendek umur, menurut Dr. Roizen.

Cara melakukannya:
Pilih tugas yang anda takuti, atur timer 15 menit dan lakukan sebanyak mungkin. Begitu waktu habis anda akan merasa senang dan kemungkinan bakal terus mengerjakannya.

Semoga bermanfaat

Sumber

You Might Also Like

0 comments

yuk.. tinggalkan komentar kamu disini.,

Popular Posts

Like us on Facebook

Flickr Images

Instagram

Subscribe